upb@uinkhas.ac.id 089522564116

Workshop Translation In Islamic Institution

Home >Berita >Workshop Translation In Islamic Institution
Diposting : Rabu, 21 Feb 2024, 11:42:04 | Dilihat : 101 kali
Workshop Translation In Islamic Institution


19 Februari 2024, UPT Pengembangan Bahasa UIN KHAS Jember mengadakan Workshop Translation In Islamic Institution. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa dosen bahasa Arab dan Inggris. tujuan dari kegiatan ini tidak lain untuk meningkatkan kompetensi dalam hal penerjemahan. kegiatan yang diinisiasi oleh UPT Pengembangan Bahasa UIN KHAS Jember untuk memberikan layanan translate ijasah dalam tiga bahasa kepada seluruh mahasiswa UIN KHAS Jember. 

Dalam sambutan pembukaan acara ini, Wakil Rektor I, Prof. Dr. M. Khusna Amal, M.Ag, mengutarakan peran penting Unit Pengembangan Bahasa (UPB) dalam percepatan program internasionalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) terutama di lingkungan PTKIN, yang menjadi program kerja Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Kementrian Agama RI. Prof Amal juga menekankan pentingnya UPB dalam menterjemahkan transkrip-transkrip study maupun teks akademik lainnya kedalam dua Bahasa Internasional, yakni Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Oleh karenanya, kedepan harus ada kerja yang lebih keras dari UPB karena merupakan leading sektor untuk penerjemahan teks maupun naskah akademik UIN KHAS Jember.

Selanjutnya yang menjadi tugas UPB dalam rangka internasionalisai perguruan tinggi adalah menyediakan terjemahan bagi Website yang dimiliki oleh UIN KHAS Jember, setidaknya UPB harus memulai dengan website tiga Bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Jadi Ketika pengunjung laman UPB menginginkan berita dalam Bahasa Inggris, pengunjung tinggal “klik” menu English, kalua pengunjung menginginkan menu Bahasa Arab, tinggal “klik” Arabiyah. Dengan demikian ranking webometrix akan dengan sendirinya naik, dan pada gilirannya akan mendongkrak nilai APT menjadi Universitas yang terakreditasi Unggul.

Sementara itu, kepala Unit Pengembangan Bahasa (UPB) UIN KHAS Jember. H. Moch. Imam Machfudi, Ph.D, menekankan pentingnya meningkatkan kerja sama di dalam dan di luar institusi untuk menjamin peningkatan kualitas pengembangan unit Bahasa. Dengan demikian percepatan pencapaian internasionalisasi perguruan tinggi akan terlaksana segera. Dalam sambutannya, kepala UPB berterimakasih kepada pimpinan khususnya kepada Warek I UIN KHAS Jember yang telah memberi dorongan dan memfasilitasi kelancaran program kerja Unit Pengembangan Bahasa. Kedepan, diharapkan UPB akan memberikan sumbangan bagi cita-cita rersama yakni APT Unggul, dan UIN KHAS yang lebih maju.  

Berita Terbaru

UPB HADIR DALAM RAPAT KERJA PIMPINAN
26 Feb 2024By lukman
Workshop Translation In Islamic Institution
21 Feb 2024By lukman
UPT Pengembangan Bahasa UIN KHAS Jember MoU dengan TEXAS Jember
21 Feb 2024By lukman

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;